Revive Risha


Dua Hari Tanpa Jarum Pentul

Posted in Cermin Diri by rishapratiwi on January 10, 2012
Tags: , , ,

01 Februari 2010 jam 20:45

Bismillahirrahmaanirrahiim.,
Sedikit oleh-oleh dari DP2Q (Dauroh Pembinaan Pejuang Quran) Mata’ Salman ITB, 29-31 Januari 2010

Kalau Anda seorang akhwat yang suka memakai kerudung segitiga dan merasa memerlukan jarum pentul untuk membuat kerudung Anda selalu rapi, pastikan Anda selalu membawa cadangan jarum pentul dalam tas. Apalagi jika Anda pergi dari rumah/kosan/asrama Anda untuk beberapa hari untuk mengikuti kegiatan yang membutuhkan kesigapan, jarum pentul saya rasa akan cukup menunjang kenyamanan dan keamanan.

Di hari kedua DP2Q, sepasang jarum pentul saya raib di depan mata, jatuh saat berwudhu. Huuuu, nggak bawa cadangan nih!

Apalah arti sepasang jarum pentul? Pada awalnya saya berpikiran begitu. Jarum kecil dan pendek yang pada ujungnya di-pentul-i semacam mutiara imitasi warna-warni, dengan harga selusin tidak lebih dari harga seporsi nasi putih, sekilas tidak memberikan kontribusi besar bagi dunia..
Namun, marilah Anda dan saya menjadi saksi, hal-hal yang akan terjadi ketika selembar jilbab kehilangan sepasang jarum pentul!

Hampir setiap lima menit sekali saya harus membetulkan kerudung, padahal medan dauroh membutuhkan mobilitas yang sigap. Kalau saya lalai, kerudung saya akan mengalami kemajuan dan bisa sampai menutupi pandangan. Apalagi ketika sujud dalam shalat, kerudung saya akan semakin maju tak gentar. Begitulah, minimal lima kali dalam sehari itu kerudung harus dibongkar pasang. Fiuhhh, betapa sangat merepotkan..

…pascakehilangan jarum pentul itu, benda kecil itu ternyata krusial, meskipun manfaatnya terasa setelah ia tiada.
(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (Q.S. 3 : 191)

Apalagi manusia, yang : Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. (Q.S. 95 : 4)

Saya

Anda

Kita

Kalian
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanah-amanah yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui. (Q.S. 8 : 27)

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: