Revive Risha


Hati-Hati dengan Lima Belas Menit Anda

Posted in Cermin Diri by rishapratiwi on January 10, 2012
Tags: , , ,

Rabu, 24 Maret 2010
Ba’da shalat isya, aku berkunjung ke kosan sebelah. Rencananya hanya mau mengambil barang yang dititipkanl. Entah kenapa perbincangan jadi seru meskipun sudah sampai pukul sembilanan.

“Hoaaaam.. Mal, bangunin lima belas menit lagi ya!”
“Iya, sok aja kalau mau tidur.”

Sekitar lima belas menit kemudian..
“Jam berapa, Mal? Tidur lagi lima belas menit ya, masih ngantuk”
“Ho-oh”

Dalam mimpi, aku merasa ditagih tugas-tugas.
Bangun.
Hoamm.. lho kok ada di sini ya?
Jam berapa sekarang?
Tiga kurang lima belas menit.
Oke, tidur lagi lima belas menit.

Akhirnya pulang ke kosan sebelum adzan subuh.

Sebelum kuliah, aku sempat mengerjakan resume Biokimia yang harus dikumpulkan pekan depan, resume Struktur dan Perkembangan Tumbuhan (Supertum) yang tidak akan dikumpulkan, dan satu nomor soal di laporan Perkembangan Hewan (Perwan) untuk Senin depan. Sebenarnya ingat, hari ini ada PR Supertum, ada pengumpulan makalah Biologi Sel dan Molekul (Biselmol), ada PR Biselmol, ada PR Fisiologi Tumbuhan (Fistum), dan ada presentasi Pendidikan Kewarganegaraan. PR Supertum masih menduga jawaban, makalah Biselmol (berharap) diselesaikan orang lain, PR Biselmol nggak tau (dan tidak mencari tahu) soalnya, PR Fistum lupa, dan tugas presentasi .. internet kacau dan tidak bisa cari sumber.
Berangkat kuliah dengan ringan-ringan saja, seolah sedang bebas tugas.

“Ca, PR Supertum sudah?”
“Gini bukan? Bla-bla-bla…”
“Lho, kok gitu. Kan gini… bla-bla-bla..”
“Oh ya????” Berselang beberapa detik, langsung sibuk memperbaiki jawaban.
Beres.
Hufff.. Alhamdulillah.

Pukul 8 selesai kuliah Supertum..
Makalah Biselmol belum selesai nih, pertanyaan-pertanyaannya belum dijawab. Ditargetkan pukul 10 makalah siap print lalu mengerjakan PR Biselmol.

Ternyata oh ternyata, orang yang diberi kuasa untuk mengerjakan soal-soal di makalah Biselmol sakit dan tugasnya sama sekali belum dikerjakan.
Baiklah, tarik nafas dan tetap tenang. Mari berpikir jernih. Akhirnya dilakukan pembagian tugas dengan Dini (sekelompok sama Dini di kuliah Biselmol dan Kewarganegaraan). Aku mengerjakan makalah, Dini mencari bahan presentasi Kewarganegaraan.
Setengah sebelas makalah selesai, tinggal di-print.

Sebelas kurang seperempat sudah sampai di kelas. PR Biselmol belum dikerjakan. Tanya sana-sini, mempertimbangkan jawaban dari sana-sini, PR akhirnya siap dikumpulkan.
Hufff.. alhamdulillah..

Kuliah Biselmol selesai pukul dua belas lewat.
Oops, masih ada PR fistum untuk dikumpulkan jam satu.
Ayo-ayo bersegera.
PR beres sebelum pukul satu.
Hufff.. alhamdulillah

Pukul dua siang sudah lewat, Ibu Dosen masih asyik menerangkan materi kuliah.
Presentasi Kewarganegaraan belum siap nih!

“Din, makalah buat presentasi udah disusun dalam bentuk paragraf?”
“Belum, baru dapat referensinya. Ca, aku kebagian tugas masak nih!”
Jiahhh…
Dengan kecepatan tangan dan kelihaian mata, sebagian makalah Kewarganegaraan (bagian lain dikerjakan orang lain dan belum ada laporan progress) disusun satu setengah jam sebelum kuliah dimulai. Canggih!! Mau ngemeng apa nanti???”

Empat kurang seperempat.
“Ayo berangkat, Din. Beresin di kelas aja, sekalian dikompil sama yang lain.”

Ngos-ngosan.
Agak panik.
Riweuh.
Tergesa-gesa.

Suara Pak Cecep terabaikan..
Kelompok delapan mana? Purbaningsih, Nisfatin, Risha.. bla-bla-bla. Siapkan materi presentasi untuk pekan depan ya. Temanya tentang Geopolitik dan Geostrategis Indonesia..
Aku dan Dini nyaris terpekik senang. Nggak jadi presentasi sekarang!!! Horee!!!
Hufff.. alhamdulillah

Hari ini benar-benar luar biasa!!
Merasa ditembak dengan ayat ini;
Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, (Q.S. 94 : 7).
Hanya sayang, di poin “sungguh-sungguh” ….

Keributan-keributan kecil hari ini,..
Cukup jadi tonjokan bagi aku yang lalai tadi malam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: