Revive Risha


OASIS dan BIOSIS

Posted in Cermin Diri by rishapratiwi on January 10, 2012
Tags: , , , ,

Rasanya mencari hubungan antara OASIS dengan BIOSIS sama halnya seperti mencari hubungan antara asetilkolinastre dengan asteraceae, atau mencari hubungan kekerabatan antara cicak dengan becak. Seperti tidak ada hubungan padahal  kalau disambung-sambungin dengan memaksa, ya ada juga sambungannya.

OASIS adalah rangkaian pembinaan keislaman untuk kader muda Gamais, yang secara tidak langsung merupakan sarana pembinaan juga bagi para panitianya. Adapun Biosis (biosistematika) merupakan mata kuliah untuk para mahasiswa biologi yang juga menjadi sarana belajar juga untuk para asistennya.

OASIS, sesuai dengan namanya (Olah Ukhuwah Keluarga Mahasiswa Islam) memang tali yang dirancang untuk mengeratkan ikatan para kader Gamais ITB. Biosis adalah mata kuliah yang bisa mewujudkan kekompakan satu angkatan dan memperkuat suasana kerja sama tim. Dalam praktikum, mahasiswa dibagi menjadi kelompok kecil beranggotakan rata-rata lima orang yang harus bekerja dalam satu meja selama satu semester.

OASIS adalah Proyek “Unta Merah” yang harus dijalankan sebaik-baiknya. Biosis juga merupakan tugas besar dalam semester ini yang mesti diselesaikan sebaik mungkin, mengingat porsinya yang cukup besar, yaitu 4 SKS.

Puncak pembinaan OASIS adalah pelantikan Kader Muda sedangkan puncak praktikum Biosis adalah kuliah lapangan besar. Keduanya sama-sama dilaksanakan di luar kampus dengan begitu banyak hal yang harus dipersiapkan… dan sama-sama harus ada laporannya -_-

Untuk menjalankan program OASIS, ide saja tidak cukup. Kekompakkan dan ruhiyah panitia penting. Pun dalam menikmati Biosis, ide dan konsep yang dipelajari di kelas tidaklah cukup. Kekompakkan perlu, kalau ruhiyah sih memang diperlukan dalam setiap pekerjaan. Tugas kelompok bisa-bisa tidak selesai kalau koordinasi berantakan.
Baik di OASIS maupun Biosis, sama-sama diperlukan profesionalitas. Masing-masing anggota tim harus menyelesaikan tugasnya dengan baik, kecuali ada pengalihan tugas yang dilaksanakan secara jelas.

Di OASIS, kita mendapatkan banyak hikmah dari rangkaian acara. Dari Biosis juga bisa didapat banyak hikmah kalau jeli, terutama pembelajaran dari alam. Di OASIS kita mendapat banyak adik dan kakak, pun di Biosis kita mendapat banyak kakak dan ibu bapak (asisten dan dosen maksudnya).

OASIS maupun Biosis, amanah di organisasi ataupun amanah kuliah,jadikan keduanya melesat bersama-sama, tidak ada yang tertinggal atau ditinggalkan. Jadikan keduanya saling mendukung, menjadi dua kaki yang saling mengokohkan, bukan menjatuhkan.

Sukabumi, 16 Januari 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: