Revive Risha


Resume Buku “Allah Subhanahu wa Ta’ala” (2)

Posted in Cermin Diri by rishapratiwi on May 28, 2012
Tags: , , ,

Judul buku : Allah Subhanahu wa ta’ala

Penulis : Said Hawwa

Penentuan jalan merupakan upaya penting dalam mencapai tujuan. Dalam upaya mengenal Allah, jalan yang harus ditempuh adalah memperhatikan tanda-tanda kekuasaan-Nya. Adapun rasio, pikiran, serta ilmu pengetahuan merupakan amunisi yang dibutuhkan orang yang ingin menempuh jalan ini.

Orang yang tidak dapat membaca tanda-tanda kekuasaan Allah, bukan berarti karena tanda-tanda tersebut samar, melainkan karena kesombongannya sendiri untuk mengakui kebenaran sehingga terbutakan mata hatinya. Tanda-tanda kekuasaan Allah yang terlihat amat jelas dan terang benderang di antaranya adalah alam semesta, Al-Qur’an, dan mu’jizat serta karamah. Untuk dapat melihat tanda-tanda kekuasaan Allah, seseorang harus dapat membebaskan diri dari hal-hal berikut:      

1.   Kesombongan diri

Aku akan memalingkan orang-orang yang menyombongkan dirinya di muka bumi tanpa alasan yang benar dari tanda-tanda kekuasaan-Ku. Mereka jika melihat tiap-tiap ayat (Ku), mereka tidak beriman kepadanya. Dan jika mereka melihat jalan yang membawa kepada petunjuk, mereka tidak mau menempuhnya, tetapi jika mereka melihat jalan kesesatan, mereka terus menempuhnya. Yang demikian itu adalah karena mereka mendustakan ayat-ayat Kami dan mereka selalu lalai daripadanya (Al-A’raaf:146)   

2.  Kezaliman dan dusta

Dan siapakah yang lebih dzalim daripada orang yang mengada-adakan dusta terhadap Allah sedang dia diajak kepada agama Islam? Dan Allah tiada memberi petunjuk kepada orang-orang yang dzalim (As-Shaff: 7)

Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata): “Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya”. Sesungguhnya Allah akan memutuskan di antara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang pendusta dan sangat ingkar (Az-Zumar: 3)

3.   Tindakan merusak di muka bumi, melanggar perjanjian, dan memutuskan hubungan yang seharusnya disambung

Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: “Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?” Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik, (yaitu) orang-orang yang melanggar perjanjian Allah sesudah perjanjian itu teguh, dan memutuskan apa yang diperintahkan Allah (kepada mereka) untuk menghubungkannya dan membuat kerusakan di muka bumi. Mereka itulah orang-orang yang rugi (Al-Baqarah: 26-27)

4.       Kelalaian

Telah dekat kepada manusia hari menghisab segala amalan mereka, sedang mereka berada dalam kelalaian lagi berpaling (daripadanya). Tidak datang kepada mereka suatu ayat Al Qur’an pun yang baru (diturunkan) dari Tuhan mereka, melainkan mereka mendengarnya, sedang mereka bermain-main, (lagi) hati mereka dalam keadaan lalai… (Al-Anbiyaa’:1-3)

5.       Perbuatan dosa

Demikianlah, Kami memasukkan (rasa ingkar dan memperolok-olokkan itu) ke dalam hati orang-orang yang berdosa (orang-orang kafir), mereka tidak beriman kepadanya (Al Qur’an) dan sesungguhnya telah berlalu sunnatullah terhadap orang-orang dahulu (Al-Muthaffifiin: 14)

6.       Keraguan dalam menerima kebenaran saat melihatnya dengan amat jelas

Dan (begitu pula) Kami memalingkan hati dan penglihatan mereka seperti mereka belum pernah beriman kepadanya (Al Qur’an) pada permulaannya, dan Kami biarkan mereka bergelimang dalam kesesatannya yang sangat (Al-An’aam: 110)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: