Revive Risha


Penjahit Juara

Posted in Seseorang by rishapratiwi on July 29, 2012
Tags: , , ,

Huhuhu…

Adek mengusap air matanya sambil memandang nanar telunjuknya yang beberapa saat lalu dijahit Bu Dokter Ika. Di dapur tadi telah terjadi sebuah insiden kecil. Jari telunjuk Adek teriris pisau saat bermain memotong-motong wortel. Darah yang keluar banyak sekali, sepertinya lukanya cukup dalam. Alhamdulillah segera mendapatkan penanganan dokter sehingga lukanya tidak terlalu mengkhawatirkan.

Bunda, kenapa jari Adek dijahit? Kok nggak dilem aja?

Hohoho, kita tanyakan pada Ar-Razi.

Siapa itu Ar-Razi, Bunda?

Oh iya, Bunda belum pernah cerita ya. Ar-Razi itu adalah orang pertama yang membuat jahitan pada luka dengan benang terbuat dari serat. Beliau dokter yang hebat lho. Beliau juga orang pertama yang berhasil membedakan antara penyakit cacar dengan campak.

Ar-Razi ini memiliki nama lengkap Muhammad bin Zakaria, dilahirkan di Ray, Parsi (Iran) pada tahun 240 Hijriah/854 Masehi. Beliau adalah guru dari ilmuwan di bidang kedokteran yang sangat terkenal, Ibnu Sinna. Masih ingat kan, yang pernah Bunda ceritakan itu.

Sejak kecil, Ar-Razi ini rajiiin sekali belajar. Mungkin karena namanya Ar-Razin eh Ar-Razi kali ya, hehe. Ar-Razi kecil belajar dengan tekun dari waktu ke waktu. Hasilnya, beliau selalu menyabet prestasi pada setiap kelas yang dilaluinya.

Begitu beranjak dewasa, Ar-Razi semakin pintar, semakin pintar, dan semaaaakin pintar. Sampai-sampai beliau diangkat sebagai tenaga pengajar dan peneliti. Kalau zaman sekarang mah dosen kali ya, seperti Abi. Saking pintarnya, Ar-Razi sering mendapat penghargaan. Nah, beliau pernah mendapatkan gelar Jalinus Arab (Galen of the Arab) karena keteladanannya sebagai pengajar di Rumah Sakit Baghdad, Irak.

Selain mengajar, Ar-Razi juga melakukan berbagai penelitian dalam bidang pengobatan dan menuliskan hasil penelitiannya dalam buku. Bukunya yang fenomenal berjudul Al-Hawi Fi Ilm Al-Tadawi yang terdiri dari 30 jilid dan dirangkum ke dalam 12 bagian. Di dalam buku ini dibahas penyembuhan penyakit serta jenis penyakit, upaya menjaga kesehatan, pengobatan punggung dan tengkuk yang patah, obat-obatan dan makanan, pembuatan ramuan obat-obatan, industri kedokteran, farmasi, anatomi tubuh, pembedahan, serta pengawetan anggota tubuh. Selain itu, juga ada klasifikasi bahan galian serta peralatan dan obat yang digunakan. Isinya lengkap-kap-kap dengan arahan terperinci. Buku lainnya berjudul Al-Mansuri. Buku ini menggambarkan pembedahan seluruh bagian tubuh manusia. Buku-buku tersebut kemudian diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dan menjadi bahan rujukan ilmu kedokteran di seluruh Eropa hingga abad ke-17. Hebat kan (^^)b

Oh ya, Adek tahu nggak, sebelum Islam datang dan mencapai masa kejayaannya, dunia belum mengenal konsep rumah sakit lho. Orang-orang sakit dirawat di rumah peristirahatan dekat tempat ibadah, misalnya pada Bangsa Yunani. Pengobatannya pun ombilihom-ombilihom gitu, kayak dukun lah. Ya jelas nggak sembuh.

Rumah Sakit pertama didirikan pada masa Khalifah Harun Al-Rasyid, dibangun di Kota Baghdad, pusat pemerintahan saat itu. Rumah Sakit ini dikepalai oleh Ar-Razi. Sebetulnya konsep rumah sakit sudah digagas sejak masa Khalifah Al-Walid dari Dinasti Umayyah.

Pemilihan lokasi Rumah Sakit Baghdad dilakukan sendiri oleh Ar-Razi. Jadi ceritanya, sebelum membangun rumah sakit, Al-Razi meletakkan potongan daging yang digantung di beberapa tempat di wilayah sekitar aliran Sungai Tigris. Ternyata, ada daging yang cepat membusuk dan ada pula yang lambat membusuk. Dipilihkan lokasi dengan daging yang membusuk paling lambat. Artinya, tempat tersebut mempunyai udara bersih, sedikit pencemaran, dan lokasi sesuai untuk rumah sakit.

Begitu deh kisah Ar-Razi.

Adek cepat sembuh yaa, biar razin lagi belajar menulisnya, biar pintar seperti Ar-Razi ^^

 

Sumber gambar: http://howtodoneedleworkstitchingandsewing.com

 

Referensi:

http://www.republika.co.id/berita/ensiklopedia-islam/khazanah/09/02/26/34106-al-razi-penemu-teknik-jahit-luka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: