Revive Risha


Risha Amilia Pratiwi, S.Si

Posted in Catatan Harian by rishapratiwi on September 25, 2012
Tags: , , , ,

Saya sengaja tidak menulis di blog beberapa hari ini. Selain menyibukkan diri dengan persiapan sidang -yah, mahasiswa macam apa yang sibuk berselancar di dunia maya di saat seharusnya ngambell* di dunia nyata- saya memang menunggu momen yang fenomenal untuk dimuat sebagai postingan ke-100. Akhirnya sampai juga usia blog ini pada postingan ke-100. Daann.. kisah yang terjadi hari ini saya pikir sangat layak untuk menyandang gelar kehormatan “postingan ke-100”

 

 

Alhamdulillah, Risha Amilia Pratiwi sudah berpanjang nama. Ada S.Si di ujungnya ^^

Indeks nilai A. Dengan ini, rasa bersalah saya saat membaca buku “Catatan Mahasiswa Ganteng Gila!” Adhitya Mulya padahal gosipnya besok pengumpulan jurnal tugas akhir, sedikit berkurang. Bolehlah memberi sedikit kelonggaran pada diri ini untuk sejenak bercanda dengan hidup -Alahh, dari kemarin-kemarin juga kelebihan jam tidur. Ssssttt..

Biasanya ceracau model begini tidak saya izinkan menjadi konsumsi publik, tapi untuk yang kali ini.. ya sudah deh, perlu sekali-kali membiarkan racauan saya dibaca banyak orang -meskipun di lain kesempatan bisa jadi tulisan ini saya permak habis-habisan-

Sesaat setelah nilai saya diumumkan, rasanya ngengat yang selama ini terbang menari dengan lincahnya di perut saya tiba-tiba diam. Mungkin mereka mengalami mortalitas akibat penetrasi spora dari mikoinsektisida B. bassiana atau Paecilomyces sp. yang merusak struktur organ internalnya. Tetapi satu langkah setelah keluar dari ruangan sidang, sepertinya di perut saya terjadi resurgensi hama. Tiba-tiba terjadi peledakan populasi hama sekunder yang bernama “rencana pascakampus” **

Setelah ini resmi-lah saya menjadi sarjana biologi. Sarjana! Iya, Sarjana!

Bahkan saya semakin merasa hanya menjadi kuah-kuah ikan dalam kuali ilmu hayati.

Saya sarjana? Gelar tersebut membuat kepala saya tidak bisa tegak.

Pembelajaran selama persiapan sidang membuat saya sadar bahwa saya tidak tahu apa-apa.

Yang saya tahu dari ilmu ini hanya sedikit, sedikit sekali.

Yang membuat saya menjadi tahu diri, saya harus banyak belajar lagi.

Yang membuat saya merasa jatuh sayang pada ilmu ini, ilmu yang sedikit ini tidak boleh disia-siakan.

Yang membuat saya bertanya; “wahai sarjana muda, mau di mana kamu menebarkan manfaat?”

 

Keterangan:

*ngambell = mempelajari bukunya Campbell

**Ceritanya penelitian tugas akhir saya tentang pengujian efektivitas mikoinsektisida alias insektisida yang berbahan dasar spora jamur B. bassiana dan Paecilomyces sp. terhadap ulat ngengat Plutella xylostella yang menjadi hama pada tanaman kubis Brassica oleracea. Spora yang menempel pada rangka luar ulat akan berkecambah dan menembus tubuh ulat dan merusak struktur organ internalnya.

Penggunaan pestisida berbahan kimia sintesis dapat menyebabkan resistansi dan resurgensi hama. Resistansi merupakan penurunan sensitivitas hama terhadap pestisida. Sementara resurgensi hama merupakan peledakan jumlah populasi hama sekunder akibat hilangnya populasi hama utama. Misalkan, pestisida A menyebabkan populasi hama X pada suatu tanaman tereliminasi. Akibatnya, populasi Y yang merupakan mangsa dari populasi X akan meningkat pesat. Kemudian, populasi Y ini justru menjadi hama baru bagi tanaman tersebut. Saya menggunakan analogi ini untuk menceritakan bahwa pada awalnya yang berputar-putar dalam pikiran saya adalah “menyelesaikan sidang dengan hasil terbaik”, sebut saja ini hama X. Lalu, setelah benar-benar saya berhasil melewati sidang tersebut dengan nilai sesuai yang saya harapkan, hama X ini berarti dianggap punah. Muncullah bahan pikiran lain, yaitu “rencana pascalulus”, atau yang dianalogikan sebagai hama Y (hama sekunder).

 

2 Responses to 'Risha Amilia Pratiwi, S.Si'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to 'Risha Amilia Pratiwi, S.Si'.


  1. selamat.

    • rishapratiwi said,

      Semoga bisa segera mengucapkan selamat juga untuk kelulusan Rian😀


Leave a Reply

