Revive Risha


Resistansi

Posted in Biologi by rishapratiwi on October 1, 2012
Tags: , ,

Ternyata mikoinsektisida (insektisida berbasis spora fungi entomopatogen) dapat menimbulkan resistansi juga pada serangga. Apabila populasi serangga mendapatkan perlakuan mikoinsektisida di bawah konsentrasi letal (konsentrasi yang tidak mematikan), populasi tersebut akan bertahan hidup dan mengembangkan mekanisme resistansi.

Seperti ini ilustrasi mekanismenya:

Aplikasi insektisida (misalnya melalui penyemprotan) pada konsentrasi yang rendah dapat menyebabkan kematian pada sejumlah serangga, tetapi bisa saja tidak menimbulkan kematian pada sejumlah serangga lainnya yang lebih kuat. Serangga yang lebih kuat ini bertahan hidup dan bereproduksi sehingga menghasilkan keturunan yang kuat juga. Dengan demikian penyemprotan pestisida di kemudian hari menjadi tidak efektif karena populasi serangga yang bertahan hidup semakin banyak.

Sumber gambar: grapes.msu.edu

.

Ya ya ya, sedikit paham dengan sandungan-sandungan yang telah dilalui. Anggap saja sedang menjadi serangga yang mendapatkan aplikasi insektisida di bawah konsentrasi letal. Suatu saat, YA, suatu saat.. resistansi terhadap perkara hidup yang lebih besar bisa saja terbangun.

Sumber gambar: http://www.asktheexterminator.com/Pesticide/Pesticide_Resistance.shtml

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: