Revive Risha


Deddy Mizwar Mundur, Apa Kata Dunia?

Posted in Kancing Garuda by rishapratiwi on March 12, 2013

Belakangan ini, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tengah diterpa badai isu korupsi. Tidak tanggung-tanggung, aktivis partai yang dijadikan tersangka korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus impor daging sapi adalah pucuk pimpinan partai, Luthfi Hasan Ishaq (LHI). Sebagai partai yang mengusung slogan “bersih, peduli, dan profesional”,  kasus korupsi yang melibatkan orang nomor satu di partai ini menuai beragam reaksi masyarakat. Ada yang memanfaatkan situasi untuk memancing di air keruh, menghakimi tanpa mempertimbangkan azas praduga tak bersalah, menghujat partai Islam ini habis-habisan, tetapi tidak sedikit pula pihak yang malah semakin bersimpati. Bahkan lima hari pasca penangkapan LHI, Lembaga Win and Wise Communication (ww-comm) yang memiliki spesialisasi tracking sosial media menemukan fakta yang menarik. PKS  justru mendapatkan simpati yang sangat besar dari para netizen (masyarakat sosial media). Menurut Anwar Abugaza, ST, direktur riset ww-comm mengemukakan bahwa percakapan mengenai PKS mengalami peningkatan menjadi 1.700 percakapan/menit, dari yang awalnya hanya berkisar 950 percakapan/menit. Yang lebih menarik lagi, sentiment index PKS mengarah pada dukungan dan simpati positif.

Entah bagaimana ceritanya, kasus impor sapi yang cukup mengagetkan ini terangkat berbarengan dengan momen pemilihan presiden RI mendatang. Lebih-lebih dengan momen politik yang sudah dekat, yaitu pemilihan Gubernur Jawa Barat, 24 Februari ini. Banyak orang angkat bicara mengenai pengaruh kasus korupsi yang menimpa PKS terhadap elektabilitas pasangan calon yang diusung oleh partai tersebut, Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar. Pendiri PKS sendiri, Yusuf Supendi, bahkan menyarankan Deddy Mizwar untuk mundur dari pencalonan wakil gubernur.

Menanggapi isu mengenai mundurnya Deddy Mizwar dari “Perang Bintang” Pilkada Jabar, Ahmad Heryawan dengan tegas menampik. Seperti yang diberitakan oleh Republika, Aher menyatakan bahwa isu mundurnya Deddy Mizwar tersebut dihembuskan oleh orang yang tidak tahu aturan. Ia menegaskan, Deddy Mizwar tidak akan mundur. Aturan KPK menyebutkan bahwa seorang calon kepala daerah tidak bisa mundur  apabila telah mendapatkan nomor urut dalam sebuah pilkada. Pengunduran calon setelah mendapatkan nomor urut juga tergolong dalam tindakan kriminal.

Jika menilik alasan Deddy Mizwar saat menerima “pinangan” Aher untuk melaju dalam pilkada Jabar, tidak ada alasan untuk Sang Jenderal Naga Bonar tersebut mundur saat genderang pertarungan telah berkumandang. Bukankah alasan pertama Deddy bersedia mendampingi Aher memimpin Jawa Barat karena kinerja Aher selama menjabat lima tahun sebelumnya dinilai baik? Pada kenyataannya di bawah kepemimpinan Aher, pembangunan di Jawa Barat melesat pesat. Alasan kedua, Deddy memandang bahwa rekam jejak Aher bersih, tidak ada kasus hukum yang menjeratnya. Tidak fair jika kasus yang menerpa partai tempat Aher bernaung juga dikait-kaitkan dengan calon nomor 4 tersebut. Kalau mau objektif, lihatlah sosok Aher terlepas dari partainya. Seperti halnya penilaian terhadap kinerja brilian Jokowi yang dilepaskan dari partainya yang tersangkut banyak kasus korupsi. Satu lagi alasan pamungkas, Deddy Mizwar bersedia maju sebagai calon wakil gubernur sebagai wujud ibadah dan bakti terhadap masyarakat. Sebagai masyarakat awam, saya menilai bahwa ketiga alasan tersebut, terutama alasan terakhir, sangat layak untuk diperjuangkan.

Layar telah terkembang, pantang surut ke belakang. Begitu kan, Pak Jenderal?

 

http://politik.kompasiana.com/2013/02/07/deddy-mizwar-mundur-apa-kata-dunia-526512.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: