Revive Risha


Ini Dia, 4 Fakta Menarik Seputar Bajaj

Posted in Kancing Garuda by rishapratiwi on March 12, 2013

Konon katanya, sopir bajaj itu merupakan orang yang paling sering mengingatkan orang-orang untuk berdzikir! Bagaimana nggak, kendaraan rakyat yang satu ini memang suka sekali menikung sembarangan. Bahkan kabarnya, hanya Tuhan dan sopir yang tahu kapan bajaj tersebut akan menikung. Sebagai penumpang, cukup duduk manis dan banyak-banyak berdoa saja demi keselamatan, hehe. Meskipun begitu, bajaj bisa dibilang kendaraan antimacet lho, karena bisa nyelip-nyelip, miring-miring melewati jalan sempit sekalipun. Ckckck… Nah, ternyata di balik kendaraan bajaj yang fenomenal, ada beberapa fakta menarik yang perlu kita ketahui. Ini dia 4 fakta menarik seputar bajaj:

 

1. Bajaj paling mewah

 

 

Sumber gambar: pikipimp.com

 

Siapa bilang bajaj adalah sarana transportasi murahan? Tahu nggak, BMW yang merupakan salah satu produsen mobil mewah dunia akan memproduksi kendaraan roda tiga ini. Idenya berasal dari Ralph Panhuyzen yang ingin membuat kendaraan efisien (Space Efficient Vehicle = SEV). Lalui dikembangkanlah iSetta, kendaraan roda tiga yang merupakan perpaduan antara mobil dan sepeda motor. Kendaraan ini sempat diproduksi BMW pada tahun 1957 dan menuai popularitasnya pada saat Perang Dunia II. Untuk iSetta versi baru, konsep yang dipakai tetap “tiga roda”, dua roda di depan dan satu roda di belakang. Pengemudi pun tetap diposisikan di depan. Yaa, persis bajaj. Meskipun kecil, kendaraan ini dapat melesat dengan kecepatan antara 125-155 km/jam. Kebayang kalau di Indonesia ada bajaj model begini. Udah kecil nyelip-nyelip, ngebut, makin kenceng deh dzikir penumpangnya, hehe.

 

 

2. Keliling dunia dengan bajaj


 

Keliling dunia tidak melulu pakai pesawat. Dewasa ini, orang-orang semakin kreatif memilih sarana transportasi. Dua orang guru asal Inggris memilih bajaj sebagai sarana transportasi untuk keliling dunia. Wow, sampai berapa lama ya? Rich Sears dan Nick Gough tidak hanya berniat pelesiran, tetapi misi keliling dunia mereka adalah untuk kampanye meningkatkan kesadaran masyarakat dunia terhadap pentingnya pendidikan, terutama di negara-negara tertinggal. Penjelajahan yang dimulai bulan September 2012 lalu ini direncanakan akan selesai pada tahun 2013. Nah, bagaimana ya kabarnya Rich dan Nick? Lihat saja di website resminya, www.tuktuktravels.com.

 

3. Bajaj berubah jadi robot Transformer


 

 

Pada akhir tahun 2011, di kalangan pengguna internet beredar video animasi singkat. Video yang berjudul “Pada Suatu Ketika” tersebut menampilkan adegan bajaj dan bus kota yang berubah bentuk menjadi robot ala film Transformer. Menariknya, video animasi unik ini ternyata hasil garapan sebuah studio di Solo yang bernama Lakon Animasi. Detail-detail yang ditampilkan dalam video pun Indonesia banget, seperti mangkuk cap ayam jago yang digunakan untuk menyajikan mie instan rebus, bungkus rokok kretek tanpa filer, sampai kendaraan khas Indonesia, bajaj dan bus kota dengan tempelan stiker “Do’a Ibu”. Dibuka dengan soundtrack “Perdamaian” yang dibawakan grup kasidah Nasyida Ria, video animasi ini bercita rasa Indonesia banget. Penasaran dengan videonya? Capcus aja ke mari,

 

4. Gubernur Jabar ternyata juragan bajaj

 

Pada verifikasi terhadap harta kekayaan Ahmad Heryawan sebagai calon Gubernur Jawa Barat periode 2013-2018, diketahui bahwa gubernur yang low profile ini memiliki usaha tambahan dari operasional 2 unit bajaj. Kendaraan yang dibeli Aher pada tahun 2001 tersebut menghasilkan pemasukan tambahan sebesar Rp.400 ribu per unit per bulan. Setelah hampir lima tahun memimpin Jawa Barat, jumlah bajaj ini tidak bertambah.

Tentunya bukan Aher sendiri yang mengoperasikan bajajnya. Ya iya lah, mana sempat. Wong selama ini Aher keliling pelosok Jawa Barat terus untuk melihat kondisi masyarakatnya. Jadi Aher punya “staf ahli” yang mengelola bajajnya. Mungkin cuma Aher gubernur yang jadi juragan bajaj. Unik juga ya ide bisnisnya, daripada korupsi. Bisa jadi ide buat Anda juga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari jalan halal, hehe.

http://unik.kompasiana.com/2013/01/27/ini-dia-4-fakta-menarik-seputar-bajaj-523197.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: