Revive Risha


Ini Dia, 4 Fakta Menarik tentang Traktor

Posted in Kancing Garuda by rishapratiwi on March 12, 2013

Sebagaimana telah kita ketahui, Indonesia yang kita cintai ini terletak di kawasan iklim tropis yang dilewati oleh jalur pegunungan vulkanik. Kondisi demikian menyebabkan tanah Indonesia memiliki kandungan unsur hara yang melimpah sehingga sektor pertanian sangat berpotensi untuk menjadi penggerak utama ekonomi.

Dalam bidang pertanian, berbagai alat digunakan guna membantu meringankan pekerjaan manusia. Zaman dahulu petani membajak sawah dengan menggunakan cangkul atau bajak yang ditarik hewan ternak, seperti sapi atau kerbau. Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi pertanian serta adanya target untuk meningkatkan produktivitas pertanian secara cepat dan berkelanjutan, eksistensi tenaga manusia maupun hewan ternak dalam membajak lahan pertanian lambat laun digantikan oleh mesin. Sebagai konsumen produk-produk hasil pertanian, kita patut berterima kasih kepada penemu mesin pembajak alias traktor. Membajak dengan traktor dinilai lebih cepat dengan ongkos yang lebih efisien dalam penggunaan jangka panjang dibandingkan dengan membajak menggunakan hewan ternak. Kebayang nggak kalau membajak sawah yang luasnya berjuta-juta hektar dengan cangkul atau kerbau?

Nah, di balik traktor sebagai alat pertanian, ternyata terdapat fakta-fakta yang menarik. Berikut ini 4 fakta menarik seputar traktor:

 

 

1. Traktor terbesar di dunia

 

 

Big Bud 16-V 747 merupakan traktor terbesar di dunia. Traktor ini dibuat pada tahun 1977 di Montana, Amerika Serikat, dengan panjang 27 kaki, lebar 20 kaki, tinggi 14 kaki, dan bobot 100.000 kg. Traktor raksasa ini dapat mengolah lahan pertanian seluas 60 Ha/jam, dengan kecepatan 8 mph.

 

2. Balapan traktor

Traktor rupanya tidak hanya dipakai untuk menggarap lahan pertanian. Puluhan petani di Solo Raya mengikuti balapan traktor di Desa Karangtalun, Kecamatan Karangdowo, Klaten, Jawa Tengah. Lomba yang digelar tanggal 12-13 Desember 2011 ini diikuti oleh 90 peserta, yaitu terdiri dari 77 peserta petani dan 8 peserta dari anggota TNI. Para pembalap harus beradu cepat mengemudikan traktor di area seluas satu petak sawah dengan jarak tempuh 100 m. Lomba ini merupakan agenda sosialisasi penerapan teknik membajak sawah terhadap para petani yang selama ini masih tergantung pada kerbau dalam pengolahan lahan pertanian. Informasi selengkapnya.

 

3. Traktor “ajaib” made in Indonesia

Dua orang guru SMK 1 Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Syamsuri dan Abdul Malik berhasil menciptakan hand tractor multifungsi. Alat pertanian ini diberi nama “Ulik” yang dalam bahasa daerah Sumbawa Barat berarti “cepat”. Dengan mesin berkekuatan 25 PK, Traktor Ulik yang dilengkapi dengan 4 roda memiliki fungsi untuk membajak, menggemburkan, sekaligus menanam dalam waktu bersamaan. Penyatuan fungsi-fungsi tersebut membuat Traktor Ulik menjadi mesin yang lebih efisien, murah, dan dapat menyelesaikan pekerjaan petani dalam waktu singkat. Informasi selengkapnya.

 

 

4. Traktiran ribuan traktor untuk petani Jabar

Kabar gembira untuk para petani di Jawa Barat! Tahun 2013 ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membagikan sejumlah traktor kepada seluruh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Jabar. Dengan adanya pembagian traktor ini, masa tanam dan panen padi dapat dilakukan secara serentak sehingga dapat menjamin penyediaan stok beras di Jawa Barat. Dari 6000 Gapoktan di Jawa Barat, pada tahun 2000-2010 hanya 2000 Gapoktan yang mendapat bantuan traktor. Sementara itu, pada tahun 2000-2013, sudah 2450 gapoktan yang menerima bantuan traktor. Jadi ada sekitar 1550 Gapoktan lagi yang belum mendapatkan bantuan traktor.

“Nanti akan saya selesaikan pada jabatan Gubernur mendatang,” janji Ahmad Heryawan, calon Gubernur dengan nomor urut 4, seperti yang dilansir oleh Inilah Koran Online, 23 Januari 2013 lalu.

http://unik.kompasiana.com/2013/01/26/ini-dia-4-fakta-menarik-seputar-traktor-523152.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: