Revive Risha


Jenderal Naga Bonar Siap Damaikan Bobotoh dengan The Jakman

Posted in Kancing Garuda by rishapratiwi on March 12, 2013

Berbicara sepak bola bukan hanya berbicara tentang pertandingan olahraga, tapi juga sudah menyangkut dengan fanatisme pendukung masing-masing tim. Ambil contoh pendukung Persija, The Jak, dan pendukung Persib, Bobotoh. Kedua kubu musuh bebuyutan ini kerap berseteru bagaikan air dengan minyak. Fanatisme berlebihan sering kali memunculkan rivalitas antara dua kubu yang lebih kuat dibandingkan dengan kedua tim yang bertanding sekalipun.

Konflik yang terjadi antara Bobotoh dengan The Jak bukan hanya soal dukungan saat tim kesayangan masing-masing berlaga di lapangan hijau. Sebagai contoh, pada tahun 2012 lalu, pasca pertandingan antara Persib dengan Persija di Stadion Gelora Bung Karno, tiga orang  tewas akibat dikeroyok supporter lawan. Selain tiga orang meninggal dunia, terdapat lima orang luka-luka.

Mengenai konflik yang kerap terjadi di antara Bobotoh Persib dengan The Jak Mania, calon gubernur Jawa Barat nomor 4, Deddy Mizwar, bertekad untuk berusaha mendamaikan kedua kelompok supporter tersebut. Sang Jenderal Naga Bonar ini menilai bahwa keributan antara supporter sepak bola akan menimbulkan kerugian yang besar yang pada akhirnya mempersulit persepakbolaan Indonesia untuk berkembang. Padahal pada awal perkembangannya, sepak bola di Indonesia dibangun untuk memperkuat persatuan antardaerah dalam proses konsolidasi kemerdekaan (1930-1950). Setelah kemerdekaan berhasil diraih, sepak bola dimasyarakatkan sebagai sarana untuk mempertahankan kemerdekaan. Pada tahun 1960-1970-an, sepak bola dikembangkan sebagai eksistensi identitas kebangsaan.

Kalah jadi arang, menang jadi abu. Maksud peribahasa tersebut memang benar, mau menang atau kalah, pertikaian hanya menimbulkan kerugian untuk kedua belah pihak. Daripada menambah musuh, mending para Bobotoh bersiap-siap menyambut “kelahiran” stadion baru di Jawa Barat. Stadion Utama Sepakbola (SUS) yang dibangun di Gedebage ini akan menjadi stadion terbesar kedua setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno. Bangunan yang baru rampung 88% ini ditargetkan akan selesai pada Maret 2013 mendatang. Kabar gembira khusus buat Bobotoh, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan bahwa stadion megah bertaraf internasional ini khusus dipersembahkan untuk Jawa Barat, Persib Bandung, dan spesial untuk para Bobotoh.

 

 

Gubernur dan Jenderal Naga Bonar saja sudah turun tangan, masa tetap mau bikin onar? Salam cinta damai ^^v

 

http://olahraga.kompasiana.com/bola/2013/01/31/jenderal-naga-bonar-siap-damaikan-bobotoh-dengan-the-jakman-524479.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: