Revive Risha


Kecil-Kecil Anti Nyontek, Sudah Besar Anti Korupsi

Posted in Kancing Garuda by rishapratiwi on March 12, 2013

“Aher kalau ulangan tidak pernah niron (nyontek). Tidak pernah memberi jawaban kepada kawannya. Dia itu sendiri. Kalau yang lain sudah keluar, dia tenang aja. Makanya  nilainya bagus, rangking II” (E. Kusnadi, Guru SD Aher, SDN Selaawi 1, Sukaraja, Sukabumi)

 

Saat masih sekolah dasar dulu, ujian merupakan “hantu” yang seringkali tak mau saya hadapi. Bukan hanya karena merasa tidak siap dengan materi yang akan diujikan, saya juga ingin menghindar dari “rayuan gombal” teman-teman untuk diconteki. Dulu saya tidak mau memberikan contekan bukan karena saya sudah punya ideologi. Saya hanya tidak rela sudah capek-capek belajar, eh ada yang mencomot jawaban ujian saya. Seiring dengan bertambahnya usia, bertambah pula kompleksitas pola berpikir saya. Sampai akhirnya saya menyadari kebenaran “ancaman” ini: waktu kecil mencontek, kalau sudah besar jadi koruptor. Hiiy, tentu saya tidak mau menjebloskan teman-teman saya ke dalam kutukan menjadi koruptor.

Setiap komitmen akan mengalami ujian. Seringkali praktik contek-mencontek dilandasi atas dasar kesetiakawanan. Maklum, masa remaja merupakan masa di mana pertemanan adalah segala-galanya. Saya tidak ingin munafik. Selama masa tersebut beberapa kali sempat tergoda. Bukan semata untuk mendapatkan nilai yang bagus, tetapi kadang cuma untuk seru-seruan saja. Betapa ada kepuasan tersendiri kalau berhasil “membodohi” pengawas ujian. Astaghfirullah…

Sudah menjadi kesepakatan umum, mencontek merupakan perbuatan yang tercela. Ah, mungkin pernyataan barusan terdengar sangat normatif. Meskipun tampak sepele, mencontek merupakan bentuk korupsi versi kecil-kecilan. Sebagaimana telah kita ketahui bersama, negara kita tercinta Indonesia sedang dijangkiti penyakit korupsi level akut. Sampai saat ini belum ditemukan obat yang manjur untuk mengatasinya. Mungkin pada awalnya, Indonesia hanya batuk-batuk kecil dan sedikit demam. Lama-lama karena dibiarkan, penyakitnya semakin menjalar. Jadi susah untuk diobati.

Belajar pada sosok Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, sedari kecil beliau anti mencontek. Apakah beliau sama sekali tidak pernah mencontek? Hanya Aher dan Tuhannya yang tahu. Setidaknya persaksian yang otentik dari guru kelasnya waktu SD, Pak Kusnadi, memberikan sedikit gambaran mengenai kepribadian Aher kecil. Tentu Pak Kusnadi sebagai gurunya tidak menyangka bahwa anak didiknya yang cerdas tersebut akan menjadi seorang pemimpin, bahkan diamanahi posisi gubernur dari provisi sebesar Jawa Barat.

Pak Kusnadi boleh berbangga hati. Aher, anak didiknya, menjaga integritasnya sampai sekarang. Ia merupakan gubernur yang dengan tegas menyatakan Pemerintah Jawa Barat siap menjadi teladan berantas korupsi. Ia memang pernah mendapatkan tuduhan korupsi terkait pembagian kartu lebaran maupun dana bantuan sosial Rp.839 miliar di Pemprov pada tahun anggaran 2010. Yang jelas tuduhan tersebut tidak terbukti.

Sebagai salah satu pencapaian komitmen Aher dalam memberantas korupsi, laporan keuangan Jabar tahun 2011 lalu mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. Meskipun predikat WTP tersebut belum tentu mencerminkan bahwa instansi yang diperiksa bebas korupsi. WTP artinya memenuhi kewajaran dalam suatu laporan keuangan, sesuai dengan target program dan kriteria yang ditentukan bersama. Kriterianya antara lain memenuhi standar akuntansi pemerintah, tidak menyesatkan, tidak ada yang disembunyikan, dan angka yang disajikan wajar dan mengacu pada standar yang dipakai juga oleh negara lain.

 

Hebat yeuh, Pak Guru Kusnadi. Muridnya kecil-kecil anti mencontek, sudah besar anti korupsi!

 

http://sosok.kompasiana.com/2013/02/16/kecil-kecil-anti-nyontek-sudah-besar-anti-korupsi-529102.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: