Revive Risha


Kerrrreeeen, Ada Pejabat Hafal Al-Qur’an!

Posted in Kancing Garuda by rishapratiwi on March 12, 2013

Anda pernah mendengar nama Muhammad Moursi? Ia adalah presiden Mesir saat ini. Sebagai seorang presiden, Moursi berbeda. Ia lebih memilih untuk tinggal di rumah kontrakannya dibandingkan di dalam istana kepresidenan yang sakral tetapi pintunya tidak dapat ditembus rakyat. Ia selalu menjadi imam shalat berjamaah di masjid dan meminta penjagaan dari pasukan pengawal kepresidenannya tidak terlalu ketat. Ia menjadi imam bukan karena posisinya sebagai pemimpin yang patut disegani, tetapi karena Moursi memang layak menjadi imam shalat. Ya, ia adalah seorang hafidz alias orang yang hafal Al-Qur’an!

Apa istimewanya seorang penghafal Al-Qur’an? Pada masa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, pemilihan seorang pemimpin dilihat berdasarkan banyak hafalannya. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah bersabda, “yang menjadi imam suatu kaum adalah yang paling banyak hafalannya.” Abu Hurairah berkata, “Rasulullah mengutus sebuah delegasi yang banyak jumlahnya, kemudian Rasullah mengetes hafalan mereka, kemudian satu per satu disuruh membaca apa yang sudah dihafal, maka sampailah pada sahabat yang paling muda usianya, beliau bertanya, “Surat apa yang kau hafal? Ia menjawab,”Aku hafal surat ini.. surat ini.. dan surat Al-Baqarah.” Benarkah kamu hafal surat Al-Baqarah?” Tanya Rasulullah lagi. Sahabat tersebut menjawab, “Benar.” Rasulullah bersabda, “Berangkatlah kamu dan kamulah pemimpin delegasi.” (HR. At-Tirmidzi dan An-Nasa’i). Orang yang memiliki hafalan Al-Quran juga memiliki posisi istimewa di mata Rasulullah. Suatu saat Rasulullah akan menguburkan dua orang sahabat yang syahid pada Perang Uhud, kemudian beliau bersabda, “Manakah di antara keduanya yang lebih banyak hafal AlQurannya? Ketika ditunjuk kepada salah satunya, maka beliau mendahulukan pemakamannya di liang lahat.” (Hadits Riwayat Bukhari).

Secara ilmiah, orang yang sering berinteraksi dengan Al-Quran akan memiliki jiwa yang lebih stabil dan tahan terhadap stress. Penelitian ilmiah oleh Prof. DR. Shalih bin Ibrahim, professor ilmu Kesehatan Jiwa, dilakukan untuk mengetahui dampak hafalan Al-Quran terhadap kesehatan jiwa. Penelitian yang dilakukan terhadap 340 orang mahasiswi di Jeddah ini membuktikan bahwa peningkatan jumlah hafalan Al-Quran meningkatkan kesehatan jiwa.

Penelitian di Klinik Besar Florida Amerika Serikat oleh Dr. Al-Qadhi berhasil membuktikan bahwa dengan mendengarkan bacaan Al-Quran membuat seorang Muslim, baik bisa berbahasa Arab maupun tidak, dapat merasakan perubahan fisiologi. Penelitian yang ditunjang oleh detektor tekanan darah, detak jantung, ketahanan otot, dan ketahanan kulit terhadap aliran listrik menunjukkan bahwa bacaan Al-Quran berpengaruh hingga 97% dalam menurunkan depresi, kesedihan, dan mempercepat penyembuhan penyakit.

Jika Mesir dapat berbangga dengan Presiden Muhammad Moursi, di Indonesia juga terdapat beberapa kepala daerah yang merupakan penghafal Al-Quran. Beberapa di antaranya adalah Gatot Pujo Nugroho, ST (PJS Sumatera Utara), Prof. H. Dr. Irwan Prayitno (Gubernur Sumatera Barat), KH. Muhammad Zainul Majdi, Lc. MA (Gubernur Nusa Tenggara Barat), Drs. H. Abdul Ghani Kasuba (Wakil Gubernur Maluku Utara), Dr. Nur mahmudi Ismail (Walikota Depok), serta H. Ahmad Heryawan, Lc (Gubernur Jawa Barat).

Sebagai seorang pemimpin, tentunya memiliki jiwa yang sehat dan tahan stress adalah hal yang sangat dibutuhkan. Dapat dibayangkan, tuntutan pekerjaannya tidak hanya menguras energi secara fisik, tetapi juga melelahkan secara mental. Bisa jadi, kedekatan dengan Al-Quran menjadi semacam terapi untuk menjaga agar vitalitas tetap prima.

 

 

 

 

 

 

 

 

http://www.pkskabbandung.com/2012/10/jika-mesir-bangga-dengan-presiden.html

http://www.dakwatuna.com/2012/07/21416/mursi-memang-beda/

http://www.voa-islam.com/news/hikmah/2009/09/07/1018/penelitian-ilmiahmenghafal-al-qur%27an-melindungi-dari-stress

http://wahdah.or.id/kajian-dasar/tuntunan-dasar-islam/lainnya/penelitian-ilmiah-pengaruh-bacaan-al-qur-an-pada-syaraf-otak-dan-organ-tubuh-lainnya-subhanallah-menakjubkan.html

http://sosok.kompasiana.com/2013/01/24/kerrrreeeen-ada-pejabat-hafal-al-quran-522509.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: