Revive Risha


Kolaborasi Penghijauan ala Jokowi-Aher

Posted in Kancing Garuda by rishapratiwi on March 12, 2013

Hanya bila pohon terakhir telah tumbang ditebang; hanya bila tetes air sungai terakhir telah tercemar; hanya bila ikan terakhir telah ditangkap; barulah kita sadar bahwa uang di tangan tidak dapat dimakan (kata bijak suku Indian).

 

DAS Citarum merupakan DAS terbesar dan terpanjang di Jawa Barat yang luasnya mencapai 727.046 Ha. Di dalam DAS yang terdiri dari 12 sub DAS ini terdapat tiga waduk besar yaitu Waduk Saguling, Waduk Cirata dan Waduk Jatiluhur. Pesatnya tingkat pertumbuhan penduduk yang berkorelasi dengan peningkatan kebutuhan terhadap pangan maupun permukiman menyebabkan bagian hulu DAS Citarum telah beralih fungsi menjadi daerah pertanian, sementara daerah hilirnya berubah menjadi daerah pemukiman dan industri. Padahal peran dan fungsi DAS Citarum sangat vital, yaitu sebagai sumber irigasi pertanian seluas 300.000 Ha, sumber air minum, serta pengendali terjadinya banjir di Bandung, Cimahi, Cianjur, Purwakarta, Bekasi, Karawang dan Jakarta.

Tanpa adanya kontrol terhadap lingkungan DAS, masalah-masalah lingkungan yang kemudian muncul di antaranya adalah penurunan kualitas air, penurunan kesuburan tanah, munculnya banjir, kekeringan, kebakaran, tanah longsor, dan serangan hama maupun penyakit pada tanaman. Banjir yang melanda sejumlah kabupaten di Jawa Barat yang dilalui aliran Sungai Citarum terjadi karena kerusakan lingkungan di hulu DAS Citarum. Tidak hanya berdampak pada Jawa Barat, kerusakan lingkungan di DAS Citarum juga berdampak pada daerah-daerah sekitarnya, seperti Jakarta. Selain “disalahkan” sebagai penyebab terjadinya banjir, Citarum juga “mengirimkan” air yang tercemar oleh berbagai limbah, mulai dari limbah peternakan, limbah industri, maupun limbah pupuk.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah melakukan upaya penghijauan DAS Citarum dengan penganggaran dana sebesar lima miliar rupiah melalui Program Penghijauan dan Rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Kegiatan yang dimulai pada tanggal 29 Desember 2012 tersebut melibatkan jajaran Kodam III/Siliwangi. Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menyatakan bahwa TNI dipilih karena dinilai memiliki pengalaman dan kecepatan dalam melaksanakan kegiatan penghijauan tersebut, sekalipun di medan sulit. Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Sonny Wijaya sendiri menilai bahwa keterlibatan TNI dalam kegiatan penghijauan dan pembersihan DAS Citarum sejatinya merupakan amanat undang-undang.

Wujud kepedulian Pemerintah Jawa Barat terhadap lingkungan hidup juga tercermin dari Gerakan Jawa Barat Hijau Berbasis Sekolah (Green School). Kegiatan penanaman pohon yang pencanangannya dilakukan oleh Ahmad Heryawan di Desa Datar Nangka Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi, 27 Desember 2012 lalu mencapai lahan seluas 4 Ha. Kegiatan tersebut melibatkan 400 orang staf di lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Jawa Barat, 300 staf OPD Kabupaten, 2650 siswa-siswi sekolah, 7 Organisasi Wanita Tingkat Provinsi untuk kegiatan GPTP, 400 penyuluh Pertanian Kehutanan, masyarakat, dan organisasi Lainnya. Pelaksanaan Green School akan melibatkan siswa sekolah dan masyarakat secara serentak di 5.899 desa, 625 kecamatan di 26 Kabupaten/Kota seluruh Jawa Barat.

Ahmad Heryawan menyatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud komitmen Pemerintah bersama masyarakat Jawa Barat dalam melestarikan lingkungan. Lebih jauh lagi, keterlibatan siswa-siswi sekolah ditujukan untuk menanamkan kecintaan anak terhadap lingkungan sejak dini sehingga menanam dan memelihara pohon kelak akan menjadi budaya masyarakat.

Tidak perlu menunggu bertahun-tahun, kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan di seluruh kawasan Jawa Barat ini telah menghasilkan “buah pertama”, yaitu penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) karena berhasil memecahkan rekor penanaman pohon terbanyak. Menurut Awan Raharjo, Ketua Tim Penilai dari MURI, kegiatan penanaman 11 juta batang pohon oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat memecahkan rekor MURI sebagai kegiatan penanaman pohon terbanyak dalam program penghijauan.

Program penghijauan bukan semata urusan pemerintah setempat. Tetapi juga perlu melibatkan daerah-daerah tetangga. Saat bertemu dengan Ahmad Heryawan di Gedung Sate, November 2012 lalu, Gubernur daerah provinsi tetangga, DKI Jakarta, Jokowi sepakat untuk berkolaborasi mengatasi berbagai permasalahan menyangkut kedua provinsi. Masalah banjir, air baku, dan transportasi menjadi prioritas. Jokowi juga menyatakan siap untuk sharing anggaran meskipun besarannya belum ditentukan.

Adapun untuk di Jakarta, Gubernur Jokowi juga menggalakkan penghijauan. Berbeda dengan Ahmad Heryawan, Jokowi justru memulai penghijauan dari lingkungan masjid. Menurutnya, strategi penanaman pohon yang berawal dari masjid ini didasarkan atas pertimbangan bahwa jumlah masjid di Indonesia yang sudah mencapai sekitar 8.000 masjid. Secara simbolis, pencanangan penghijauan melalui masjid di Jakarta diawali di Masjid Sunda Kelapa pada Acara Gebyar Muharram 1434 H dan Tabligh Akbar Tausyiah Muharram, 15 November 2012 lalu.

Semoga ke depannya, Pemerintah bersama-sama dengan masyarakat bisa semakin concern terhadap lingkungan hidup. Tidak perlu menunggu pohon terakhir tumbang ditebang, tetes air sungai terakhir tercemar, ikan terakhir untuk ditangkap agar kita menyadari bahwa menjaga kelestarian alam itu sangat penting. Tidak ada lagi istilah “Leuweung rusak, cai beak, rahayat balangsak”.

 

Referensi:

http://www.seputar-indonesia.com/news/hijaukan-das-citarum-pemprov-kucurkan-rp5-m

http://www.ahmadheryawan.com/home/di-media-2/2090-heryawan-terima-piagam-muri-menanam-pohon-terbanyak

http://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/12/11/15/mdiomg-jokowi-awali-penghijauan-dari-masjid

http://www.dephut.go.id/index.php?q=id/node/6315

http://dishut.jabarprov.go.id

 

http://green.kompasiana.com/penghijauan/2013/01/14/strategi-penghijauan-ala-jokowi-aher-519400.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: