Revive Risha


Pemimpin Jawa Barat Harus Cinta Budaya Barat

Posted in Kancing Garuda by rishapratiwi on March 12, 2013

Tuhan sepertinya menciptakan tanah Sunda sambil tersenyum. Dapat kita saksikan sendiri, tanah Sunda ibarat sebentuk mutiara yang menyimpan keindahan yang mempesona, mulai dari kekayaan alam sampai warisan budaya. Sebagai provinsi yang memiliki berbagai potensi sumber daya air, hutan, pesisir, dan laut, wilayah yang terdapat di bagian barat Indonesia ini menjanjikan sumber daya perekonomian yang besar melalui wisata alam, rekreasi, perbelanjaan, kuliner, maupun seni budaya.

Ditinjau dari aspek sumber daya manusia, Jawa Barat memiliki jumlah penduduk terbesar, bahkan seperlima dari jumlah penduduk total Indonesia, dengan tingkat pendidikan S1, S2, dan S3 terbanyak dibandingkan dengan provinsi lain. Provinsi Jawa Barat yang merupakan provinsi yang pertama dibentuk setelah kemerdekaan Republik Indonesia ini memiliki masyarakat yang dikenal agamis yang kaya akan nilai-nilai luhur tradisional. Falsafah hidup mereka tercermin dari tatanan sosialnya; silih asih, silih asah, silih asuh. Secara harfiah, falsafah tersebut berarti di antara masyarakat saling mengasihi, saling berbagi pengetahuan, dan saling mengasuh.

Hadiah dari Tuhan berupa potensi alam dan budaya bagaimana pun banyak dan bagusnya, tidak akan menjadi bernilai apabila tidak dikelola oleh tangan yang tepat. Melihat potensi Jawa Barat, seharusnya kesejahteraan mayarakatnya sudah terjamin. Ambil contoh dari sisi kesenian daerah saja, Jawa Barat sudah layak menjadi primadona tujuan wisata. Seni musik angklung, seni tari jaipongan, lagu-lagu daerah, pertunjukan calung, wayang golek “Si Cepot”, hanya sederet contoh yang menggambarkan betapa kaya budaya Sunda. Nyatanya, apakah kesenian-kesenian tradisional tersebut telah dikembangkan sehingga menjadi identitas kebanggaan masyarakat tatar pasundan?

Kondisi kesenian tradisional Sunda justru dinilai memprihatinkan! Selain sudah mulai tidak dilirik masyarakatnya sendiri, dukungan berupa sarana untuk pengembangannya juga kurang memadai. Asep Heulang, seniman dari Padepokan Barasat, Subang, mengeluhkan bahwa kepedulian masyarakat terhadap budaya sendiri semakin hari semakin rendah. Baru membela setelah budaya kita diklaim oleh negara lain. Selain itu, dari sisi seniman sendiri, pengembangan hasil harya seni menjadi terpasung karena aksi pembajakan yang merajalela. Dampaknya, kesenian tradisional sulit diandalkan untuk memberikan keuntungan secara ekonomi bagi para senimannya. Hambatan lain juga adalah minimnya dukungan pemerintah, terutama dalam bentuk penyediaan sarana dan prasarana yang memadai dan kebijakan untuk memberantas tindak pembajakan hasil karya seni.

Gayung bersambut. Aspirasi dari berbagai kalangan seniman disambut positif oleh budayawan senior, Deddy Mizwar. Calon wakil gubernur yang melaju bersama Ahmad Heryawan ini mengakui bahwa pemerintah selama ini belum menaruh perhatian khusus terhadap pengembangan kesenian daerah. Dalam pertemuannya dengan para seniman daerah, Deddy sebagai seorang yang sudah kenyang makan asam garam dalam dunia seni budaya menjanjikan akan membangun pusat kebudayaan dan kesenian di setiap kabupaten dan kota. Sampai saat ini, tidak ada satu pun daerah di Jawa Barat, kecuali Indramayu, memiliki gedung kesenian. Di Indramayu pun kondisi gedungnya belum layak untuk dijadikan tempat para seniman menampilkan karyanya.

Berbicara mengenai pengembangan kesenian daerah, tanggung jawab tersebut tidak bisa hanya diletakkan pada pundak pemerintah. Selayaknya pemerintah memang menyediakan fasilitas yang memadai, yang perlu disambut oleh para seniman dengan bersungguh-sungguh berkreasi menghasilkan karya terbaiknya. Dengan adanya pusat kebudayaan yang berkembang baik, diharapkan ekonomi kreatif di masyarakat seni akan tumbuh dengan baik. Selain itu, yang lebih penting lagi adalah tumbuh suburnya geliat pembentukan karakter masyarakat melalui kebudayaan sendiri.

 

http://sosbud.kompasiana.com/2013/02/08/pemimpin-jawa-barat-harus-cinta-budaya-barat-526633.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: