Revive Risha


Ruang Laktasi; Agar Ibu Nyaman Menyusui pada Tempatnya

Posted in Kancing Garuda by rishapratiwi on March 12, 2013
Tags: ,

Jika bayi Anda menangis ingin disusui sementara Anda sedang berada di tempat umum, apa yang akan Anda lakukan? Menyusui di tempat umum? Iih, risih ya. Membiarkan bayi Anda menangis, apakah tega? Ataukah mencari tempat-tempat terlindung seperti mushala, toilet, atau… gudang? Nah, sekarang ini para ibu patut bergembira karena di tempat-tempat publik seperti perkantoran dan pusat perbelanjaan telah terdapat ruang laktasi atau ruang khusus untuk menyusui bayi.

Saat berbelanja di Bandung Indah Plaza (BIP) akhir tahun 2012 lalu, saya baru mengetahui bahwa di mall tersebut telah terdapat ruang laktasi. Ternyata mall di Bandung bukan hanya BIP saja yang sudah memiliki ruang laktasi. Bandung Super Mall (BSM), Riau Junction, Parijs Van Java Mall, dan Cihampelas Walk juga sudah memiliki ruang laktasi dengan fasilitas yang relatif representatif, seperti AC, washtafel, dan sofa. Adapun di gedung perkantoran, Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat yang bertempat di Gedung Sate juga sudah memiliki ruang laktasi. Ruang laktasi di Gedung Sate ini bahkan dipilih oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk mengikuti penilaian sebagai institusi yang telah melaksanakan pemenuhan hak kesehatan reproduksi perempuan pekerja. Di tempat ini juga para karyawan perempuan yang memiliki anak berusia 1,5 tahun sampai 4 tahun juga dapat menitipkan buah hatinya.

Seperti telah banyak diketahui, di dalam ASI terkandung antibodi alami yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Selain itu, ASI mengandung protein, karbohidrat, lemak, dan mineral dalam jumlah yang seimbang yang dibutuhkan anak selama periode emas perkembangan otaknya. Secara psikologis, pemberian ASI juga dapat membentuk perkembangan emosional yang baik antara ibu dan bagi. Adapun bagi ibu, keuntungan pemberian ASI di antaranya adalah mempercepat pemulihan kesehatan pascamelahirkan, menurunkan risiko terkena kanker payudara dan kanker ovarium, serta menunda kehamilan selanjutnya.

Sayangnya, berdasarkan Data Riset Kesehatan Dasar tahun 2010, persentase bayi yang mendapat ASI eksklusif sampai usia 6 bulan hanya mencapai 15,3%. Direktur Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu Anak, dr. Budiharja, menjelaskan bahwa rendahnya kesadaran masyarakat dalam menggunakan ASI disebabkan oleh kurangnya pengetahuan ibu hamil maupun keluarga akan pentingnya ASI, serta kondisi lingkungan yang kurang mendukung dalam pemberian ASI, seperti tidak adanya tempat yang nyaman untuk menyusui.

Sebagai apresiasi terhadap kinerja Pemerintah Daerah dalam mendukung pelaksanaan Peraturan Bersama antara Menteri Kesehatan, Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi tentang Peningkatan Pemberian ASI Selama Waktu Kerja di Tempat Kerja, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya kepada Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan. Penghargaan yang diraih pada peringatan Hari Ibu Nasional, 18 Desember 2012 tersebut dinilai Ahmad Heryawan sebagai penghargaan untuk rakyat Jawa Barat, khususnya untuk ibu dan anak-anak.

Perhatian Pemerintah dalam penyediaan ruang laktasi merupakan kabar yang menggembirakan bagi masyarakat, terutama kaum perempuan. Fasilitas ini memberikan kesempatan bagi para perempuan untuk melakukan rutinitas menyusui secara nyaman, tanpa meninggalkan profesionalitas kerja. Lebih jauh lagi, penyediaan ruang laktasi berarti mendukung agar anak-anak Indonesia tumbuh menjadi anak-anak yang sehat, cerdas, dan kuat. Great!!!

 

 

 

Referensi:

http://health.kompas.com/read/2011/10/07/11490537/Inilah.Keuntungan.ASI.untuk.Ibu.dan.Bayi

http://www.bppsdmk.depkes.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=170:banyak-sekali-manfaat-asi-bagi-bayi-dan-ibu&catid=38:berita&Itemid=82

http://m.inilah.com/read/detail/1938840/heryawan-terima-penghargaan-peduli-perempuan

http://kesehatan.kompasiana.com/ibu-dan-anak/2013/01/14/ruang-laktasi-agar-ibu-menyusui-pada-tempatnya-519310.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: