Revive Risha


Spirit Man Jadda Wa Jada Ala Alif, Agnes Monica, Kaka, dan Aher

Posted in Kancing Garuda by rishapratiwi on March 12, 2013

Man jadda wa jada merupakan “mantra sakti” yang digaung-gaungkan dalam Novel Trilogi Negeri 5 Menara karya A.Fuadi. Ungkapan Bahasa Arab tersebut bermakna barangsiapa bersungguh-sungguh, pasti akan mendapatkan hasil yang diinginkannya. Di mana ada kemauan, pasti ada jalan. Dalam novel tersebut dikisahkan, Alif si anak kampung dari Bukittinggi “terpaksa” harus menuntut ilmu di salah satu pesantren terkenal di Pulau Jawa, Pondok Madani. Pada awalnya, ia tidak mau masuk pesantren karena menganggap bahwa anak yang masuk pesantren adalah anak apkiran, alias anak yang perilakunya bermasalah. Keluaran pesantren juga hanya akan menjadi penceramah. Padahal ia yang nilai ujian akhirnya termasuk paling tinggi sekabupaten sudah memiliki mimpi besar untuk menjadi ilmuwan besar seperti Habibie. Apa daya, kedua orangtuanya yang hidup dalam lingkungan agama yang sangat kuat bersikukuh untuk menyekolahkan Alif di pesantren.

Tak dinyana, di pesantren Alif malah menemukan spirit hidupnya. Melalui orasi Kiai Rais di hari penyambutan siswa baru, Alif menggenggam kuat-kuat slogan man jadda wa jada. Setiap kenaikan tingkat ia lalui dengan kerja keras, diwarnai dengan kekonyolan dan romantika cinta-cintaan khas anak muda. Hingga selepas lulus dari Pondok Madani, ia diterima di Institut Teknologi Bandung, persis sesuai dengan cita-citanya. Tidak hanya Alif, teman-teman satu gengnya juga berhasil mencapai kesuksesannya dalam bidang masing-masing.

Spirit bercita-cita besar dan kesungguhan berusaha juga dapat kita lihat dari sosok Agnes Monica. Agnes kecil yang centil, pada tahun 90-an berhasil menyabet posisi nomor satu sebagai penyanyi cilik terpopuler. Menginjak usia remaja, Agnes mulai berkecimpung di dunia seni peran. Peran apiknya di Sinetron Pernikahan Dini (2001) menjadikan Agnes sebagai artis kesayangan ibu-ibu.

Saat berusia 19 tahun, Agnes pernah mendeklarasikan mimpinya kepada media. Sebagai artis, tidak tanggung-tanggung, ia ingin go international! Deklarasi tersebut banyak menuai cibiran dan sindiran. Ia dianggap arogan, muluk-muluk, dan berlebihan. Tetapi dengan tegas ia membuktikan filosofi hidupnya, Dream, Believe, Make it Happen”. Dalam bahasanya, “Tak ada mimpi yang terlalu besar. Sukses memang datang dari sesuatu yang tidak biasa. Perjuangan yang luar biasa, keyakinan yang luar biasa, dan semangat yang luar biasa”.

Tahun 2003, Agnes merilis album “And the Story Goes” yang melejitkan namanya di kancah music Indonesia. Kesuksesan tersebut ibarat amunisi bagi Agnes untuk melebarkan sayap. Pada tahun 2005, ia menggandeng penyanyi asal Amerika Serikat Keith Martin untuk berkolaborasi dalam albumnya yang berjudul “Whaddup A’..?!” Pada tahun 2008 dan 2009 Agnes meraih penghargaan di ajang Asia Song Festival di Seoul, Korea Selatan. Agnes juga menjadi salah satu pemandu acara pada American Music Awards 2010 di Los Angeles, Amerika Serikat. Pada tahun 2012, nama Agnes semakin berkibar. Ia mengalahkan penyanyi kenamaan dunia Justin Bieber dan Greyson Chance di ajang Shorty Awards 2012 dalam katergori Singer Shorty Awards. Masih dalam ajang yang sama, pada kategori Music Shorty Awards, Agnes bersaing dengan Demi Lovato, Miley Cyrus, Justin Bieber, Jonas Brothers, Greyson Chance, dan Avril Lavigne. Tidak berhenti sampai di situ, nama Agnes tercantum sebagai nominator dalam World Music Award (WMA) 2013, dan siap bersaing dengan Adele, Lady Gaga, Katy Perry, Alicia Keys, Beyonce Knowless, Jennifer Lopez, Ke$ha, Hyuna, Madonna, dan Nicki Minaj.

Dari dunia seni kita beralih ke dunia olahraga. Anda kenal Kaka? Pemain asal Brazil ini pernah mengalami masa-masa sulit saat ia menjadi langganan sebagai pemain cadangan, terutama sejak kedatangan pelatih Jose Mourinho ke Santiago Bernabeu. Tetapi belakangan ini Kaka seperti menemukan titik balik kebangkitannya di Madrid. Diawali dari penampilannya yang memborong Tropi Bernabeu, 30 September 2012. Kaka bangkit kembali setelah ia dipercaya Mourinho menjadi pemain starter pada laga lanjutan penyisihan Grup D Liga Champions melawan Ajax Amsterdam. Madrid menuai kemenangan 4-1 dengan sumbangan dua gol yang diciptakan Kaka. Kaka mengaku terkejut saat dipercaya sebagai starter. Ia mengaku dirinya mengalami masa-masa kurang bagus di Madrid. Namun ia memiliki filosofi sendiri saat menjalani masa sulit tersebut. “Jika saya bekerja keras, semuanya akan berakhir dengan manis”, demikian ungkapnya.

Beralih ke dunia pemerintahan, optimisme dalam meraih kesuksesan juga tercermin dari tagline Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat. Sabisa bisa, kudu bisa, pasti bisa. Kalimat berbahasa Sunda tersebut seperti “mantra” yang memancarkan energi pantang menyerah, semacam penyebaran optimisme dari Pemerintah kepada masyarakat sehingga terbangun optimisme kolektif untuk memajukan Jawa Barat dalam berbagai bidang. Memang tagline ini terdengar memaksa. Memaksa untuk mengoptimalkan potensi yang ada, memaksa untuk sukses. Sabisa-bisa, sebisa mungkin, menunjukkan ikhtiar yang maksimal. Kudu bisa, pasti bisa, menunjukkan semangat pantang menyerah dan keyakinan yang kuat pada cita-cita. Where there is a will, there is a way.

Alif, Agnes, dan Kaka telah membuktikan, mereka genggam kuat-kuat mimpinya, bekerja keras melebihi orang lain, dan lihat! Kesuksesan kemudian yang akan merengkuhnya. Aher dan warga Jawa Barat juga harus membuktikan tagline-nya. Sabisa-bisa, kudu bisa, pasti bisa.. mewujudkan masyarakat Jawa Barat yang mandiri, dinamis, dan sejahtera. Cag ah!

 

 

 

Informasi tentang Kaka: http://miftakhularifin.blogspot.com/2012/10/kaka-man-jadda-wa-jadda.html

Informasi tentang Agnes Monica : http://duniabaca.com/biografi-agnes-monica-perjalanan-hidup-dan-karir-agnes-monica.html

http://sosok.kompasiana.com/2013/01/24/spirit-man-jadda-wa-jada-ala-alif-agnes-monica-kaka-dan-aher-522438.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: