Revive Risha


Bulan Sabit yang Menjadi Purnama

Posted in Cermin Diri by rishapratiwi on November 12, 2013
Tags: , , ,

Tadi pagi dosen saya bercerita di kelas. Jaman beliau masih kuliah tingkat sarjana, saya lupa tahun 1981 atau 1982, para peneliti belum mampu menemukan keseluruhan reaksi yang terjadi pada Siklus Krebs. Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, siklus didefinisikan sebagai “putaran yang di dalamnya terdapat rangkaian kejadian yang berulang-ulang secara tetap dan teratur; daur”. Satu siklus artinya satu putaran, satu daur; penuh dan utuh. A ke B, B ke C, C ke D, dan D kembali ke A. Dengan demikian, apabila ditinjau dari segi definisi, penamaan “siklus” pada serangkaian reaksi kimia yang ditemukan oleh Hans Adolf Krebs ini menjadi kurang tepat karena masih ada missing link pada reaksi-reaksi kimiawi tersebut. Tetapi, orang-orang sudah ramai menyebut-nyebut “siklus” di depan kata “Krebs”. Seiring dengan berjalannya waktu dan berlarinya kemajuan teknologi, penemuan reaksi-reaksi kimia Siklus Krebs akhirnya menjadi utuh. Bulan sabit Siklus Krebs pun resmi menjadi purnama.

Saya tidak terlalu tahu sejarah detail penemuan Siklus Krebs ini. Hasil pencarian di Google pun rupanya tidak terlalu memuaskan. Saya belum menemukan keterangan ilmiah yang menyebutkan bahwa pada tahun 1980-an penemuan mengenai keseluruhan Siklus Krebs belum utuh. Lagipula yang menjadi poin utama dalam tulisan ini adalah bukan untuk mempertanyakan sejarah. Hal yang membuat saya tertarik dari cerita dosen tersebut adalah OPTIMISME. Bagaimana orang-orang meyakini bahwa sesuatu yang jauh dari sempurna akan berkembang sehingga lama-lama mendekati sempurna. Tentu saja definisi “sempurna” ini didasarkan pada parameter manusia.

Sudah jauh-jauh hari kita sepakati; saya dan kamu, bukan manusia yang sempurna. Tetapi kita sudah berjanji bukan, untuk sama-sama berusaha, agar bulan sabit kita sempurna menjadi purnama…

Image

Sumber gambar: abstract.desktopnexus.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: