Revive Risha


Prabowo Paling Banyak Uang, Jokowi Paling Banyak Utang

Posted in Kancing Garuda by rishapratiwi on July 3, 2014
Tags: , , ,

 

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi telah mengumumkan laporan harta kekayaan Capres/Cawapres 2014, Selasa (1/7/2014) kemarin di Ruang Sidang Utama Lantai II KPU RI. Berikut ini merupakan rangkuman harta kekayaan dan utang Capres/Cawapres:

Kandidat

Kekayaan

Utang (Rp)

Rupiah

USD

Prabowo Subianto

1.670.392.580.402

7.503.134

28.999.970

Joko Widodo

29.892.946.012

27.633

1.936.939.782

Hatta Rajasa

30.234.920.584

75.092

157.901.040

Jusuf Kalla

465.610.495.057

1.058.564

19.660.000

 

Dari data kekayaan tesebut dapat dilihat bahwa keempat kandidat tidak ada yang miskin. Prabowo memiliki kekayaan dengan jumlah paling banyak, disusul oleh Jusuf Kalla, kemudian Hatta Rajasa, dan Jokowi. Akan tetapi dari jumlah utang, Jokowi memiliki jumlah utang yang paling banyak. Konon katanya, rasio utang Jokowi ini tergolong besar dibandingkan dengan jumlah kekayaannya karena masih tersangkut cicilan mobil dan rumah. Hasil pelaporan harta kekayaan tersebut juga sekaligus menepis isu bahwa Prabowo memiliki hutang sebesar 14 triliun yang belum dibayar dan berpotensi korup untuk melunasi utang-utangnya.

Sebagian orang menganggap bahwa calon pemimpin yang berasal dari kalangan berada tidak akan mampu menyentuh masyarakat. Sebaliknya, calon pemimpin yang berasal dari kalangan ekonomi menengah ke bawah dinilai akan lebih mampu berempati kepada rakyatnya jika terpilih sebagai pemimpin. Rasa-rasanya anggapan seperti ini dapat membunuh karakter anak yang terlahir dari keluarga berada.

Tidak apa memilih pemimpin yang latar belakangnya berada, asalkan harta kekayaan tersebut diperoleh dengan cara halal yang tidak merugikan orang lain. Apalagi jika dengan kekayaannya dapat ikut serta mengangkat kesejahteraan masyarakat sekitar dengan cara menyekolahkan ribuan anak tak mampu, mengirimkan ribuan peneliti untuk disekolahkan ke luar negeri, membangun sekolah, klinik gratis, dan fasilitas kesehatan lainnya. Itu namanya KAYA yang BERDAYA GUNA. Dan yaaa, tidak apa pula ada calon pemimpin yang banyak utang, asalkan juga memiliki kemampuan finansial untuk membayar uang tersebut dari kantongnya sendiri, bukan dari korupsi uang rakyat.

Kaya atau kurang kaya, pakailah bajumu sendiri. Yang kaya tidak perlu berpura-pura sederhana untuk meraih simpati publik. Kalau ternyata lebih efektif pakai helikopter pribadi, tidak apa-apa daripada harus pakai mobil tetapi menimbulkan kemacetan di jalan raya.

Kita ini bukan malaikat pencatat amalan yang tahu persis hati seseorang. Melihat ada orang dengan harta berlimpah, kalau tidak punya data, jangan lantas berburuk sangka bahwa kekayaan tersebut berasal dari usaha haram. Nanti terjebak pada perasaan dengki dan kena sindiran “sirik tanda tak mampu”. Yang kaya tidak usah mengejek yang kurang kaya, yang kurang kaya juga tidak perlu mengata-ngatai yang kaya. Miskin atau kaya toh cuma titipan sementara. Salam damai Ramadhan!

 

http://politik.kompasiana.com/2014/07/02/prabowo-paling-banyak-uang-jokowi-paling-banyak-utang-671090.html

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: